tmpln slj

Sabtu, 04 Agustus 2012

Pengertian Jaringan Komputer

Posted by Unknown On 02.54 0 komentar

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan atara satu dengan yang lainnya, menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi baik berupa kabel maupun tanpa kabel (wireless) sehingga dapat saling berbagi data atau informasi, program, ataupun perangkat keras (hardware) dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer dapat juga diartikan sebagai kumpulan sejumlah kumpulan terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang berjumlah dua atau lebih komputer yang saling berhubungan. Dua buah komputer dikatakan sudah membentuk suatu jaringan bila melakukan pertukaran data atau informasi. Adapun manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut:


Sharing resources
Peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang berada pada satu jaringan.
Media komunikasi
Paringan komputer memungkinkan terjadinya hubungan komunikasi antar pengguna lain, baik pertukaran data atau informasi jarak jauh.
Integrasi data
Penggunaan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena dengan jaringan komputer proses komputasi tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke komputer lain.
Pengembangan dan pemeliharaan
Dengan adanya jaringan komputer, pengembangan dan pemeliharaan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya.
Keamanan data
Sistem jaringan komputer dapat memberikan jaminan pengamanan data, jaminan pengamanan data melalui pemberian hak akses.
Sumberdaya lebih efesien dan informasi terkini
Dengan adanya jaringan komputer, pemakaian peralatan dapat dipakai secara bersama-sama. Sehingga pemakai dapat memanfaatkan secara maksimal resources yang ada.



0 komentar:

Posting Komentar